Sensasi saus pedas yang palsu

         berita investigatif

cabe

          Makanan merupakan hal yang sangat penting karena setiap harinya dibutuhkan untuk menunjang hidup manusia. Bagi masyarakat indonesia yang terbiasa hidup dengan menu makanan pedas tentu merasa ada yang kurang saat makan bila rasa dari makanan tidak pedas.bagi masyarakat indonesia Saus menciptakan sensasi yang nikmat dan menambah nafsu ketika makan.Saus merupakan alternatif bagi masyarakat indonesia pecinta makanan pedas. Bahan dasar pembuatan saus adalah cabai atau biasa disebut cabe  oleh masyarakat kebanyakan.

                 Seiring dengan kebutuhan cabai  yang kian meningkat tiap tahunnya produsen cabe terus meningkatkan produksi, namun meningkatnya harga cabai tetap tidak dapat dihindari. Semakin mengingkat harga cabai membuat produsen kebingungan dalam menentukan harga jual, hal ini dijadikan peluang bagi para produsen nakal untuk mengganti bahan dasar cabai dengan menggantinya dengan bahan yang lebih murah yaitu cabai busuk.

                 Cabai dengan kualitas rendah mudah didapatkan para produsen dengan harga miring, ini yang menyebabkan banyaknya beredar saus dengan harga yang murah. Penggunaan botol dan segel plastik pada botol pun dapat dibeli dengan mudah dipasaran sehingga sangat mudah bagi produsen saus nakal untuk membuat saus ini semirip mungkin dengan produk aslinya.Pembuatan saus   ini juga ditambah dengan penggunaan formalin untuk menutup bau busuk dari cabai tersebut. Reportase Trans TV pernah mengungkap tentang peredaran saus ini. Dengan mudahnya produsen nakal ini dapat menjualnya keberbagai toko.

               Setelah melalukan pengetesan dan mengambil beberapa bahan untuk diuji ditemukan bahwa penggunaan saus ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Penggunaan bahan berbahaya ini menimbulkan gejala pusing,,tubuh terasa lemas,pusing, dan mual sedangkan efek jangka panjang yang dapat ditimbulkan adalah alergi,radang tenggorokan, asma, serta dapat memicu kanker. Adapun ada beberapa cara untuk membedakan saus yang asli dari saus cabai segar dan saus dengan cabai busuk diantaranya :

  1. Melihat label saus apakah telah mendapatkan ijin dari departemen kesehatan.
  2. Telitilah warna dari saus tersebut, saus dengan cabai segar mempunyai warna merah kekuning-kuningan seperti warna tomat sedangkan saus palsu berwarna merah mencolok.
  3. Kekentalan dari kedua saus ini berbeda. Saus yang asli mempunyai tekstur yang lebih kental sedangkan saus palsu mempunyai tekstur yang encer dan terdapat gumpalan kecil karena efek penggunaan formalin pada saus tersebut.
  4. Aroma saus yang asli memiliki aroma cabai  sedangkan saus palsu beraroma bawang putih yang cenderung menyengat karena digunakan untuk menutupi mau busuk dari cabai dan tomat busuk yang digunakan.
  5. Harga yang cenderung lebih murah. Harga saus palsu biasanya lebih murah dibandingkan harga saus asli.

              Tips diatas dapat digunakan para pembaca untuk terhindar dari bahaya saus palsu yang banyak beredar dipasaran. Untuk menghindari penggunaan saus ini penulis menyarankan agar lebih cerdas memilih saus dan perhatikan tempat anda makan, apakah saus ditempat itu terjamin kualitasnya atau tidak. Jangan karena sensasi pedas yang ingin didapat saat makan namun resiko kesehatan tubuh anda dipertaruhkan.

references

http://www.inagurasi.com/tips-agar-terhindar-dari-konsumsi-sambal-palsu/

http://news.liputan6.com/read/335495/nikmatnya-pedas-saus-busuk

http://gambardaftar.blogspot.com/2012/07/reportase-investigasi-on-trans-tv-saus.html

Tinggalkan komentar